sendi dan rasa kaku

Pernah ada orang yang menghampiri saya dan bertanya dimana bisa memperoleh obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk?. Lalu antara bingung dan bimbang saya menjawab tidak tahu. 

Sama sekali gak paham banget, ya sudah dijawab  begitu. mau dicari dimana obat sendi begitu lha wong saya saja tidak lebih hanya tambal ban. Entah, gak mudeng sama sekali. 

tapi satu pekan setelah itu saya bertemu dengan seorang kawan dokter. namanya zana. Kami pertama kali akrab saat dulu di jakarta. Dia orang padang. 

zana seorang dokter di salah satu rumah sakit ternama di Jakarta. daripada saya, dia seorang dokter yang dapat saya tanya tentang apapun apalagi tentang sendi. 

Katanya, sendi merupakan bagian penting bagi manusia. kalau tidak ada sendi, akan sangat sulit bergerak. kenapa? karena sendi berfungsi sebagai penghubung tulang. 

jadi karena sendi ini, kita dapat beraktivitas bebas tanpa ada masalah. tidak mengalami sakit saat menekuk, berlari, dan mengerjakan aktivitas lainnya. 

hal itu, kata zana, karena pada sendi terdapat cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sehingga gerak tulang kita tidak ada hambatan dan tidak merasa sakit sama sekali. 

lalu saya bilang lagi ke zana, “ Kalau cairan sinovial itu tidak ada bagaimana?”

[teman saya itu menjawab|dijawab zana}, sedikit saja kekurangan bisa menyebabkan sakit yang terasa sangat apalagi tidak ada. 

makanya peranan sendi itu sangat penting. saat sendi bebas bergerak, sendi dapat bergerak semaunya. tapi kalau sudah mengalami cedera atau radang, kayaknya mau istirahat saja. pengen mager. 

memang benar kalau sendi sudah sakit, aktivitas yang kita kerjakan pun sedikit. mau apa saja susah dan terkendala. 

macam - macam kendalanya, ada yang bisa beraktivitas karena ringan, artinya masih bisa melakukan sesuatu tapi geraknya tidak leluasa. ada yang karena aktivitasnya terganggu total. tidak bisa bergerak dan tidak mampu kemana mana sehingga cukup diam di kamar saja. 

Karena mau apa juga bingung. hanya di tempat. semua serba terbatas. bergerak pun tidak nyaman. 

 

dan demikianlah peran penting sendi. ternyata sendi mempunyai banyak hal penting untuk diri kita. Dapat melakukan banyak hal sampai saat ini juga karena fungsi sendi kita sesuai tanpa kurang apapun. 

Ada banyak hal baik yang dapat kita lakukan dengan sendi. mau kemana saja siap dan ayo saja. 

Sendi sehat itu yang nomer satu. Repot kalau sendi nya bermasalah. tidak bisa diajak kerjasama. yang semestinya kita bisa pergi jauh, sekarang pasrah|kini hanya bisa} istirahat saja. 

Sebelum kita bicara jauh tentang sendi, saya hendak cerita terlebih dulu mengenai zana teman saya ini. Dengan ilmu medis yang dimilikinya, saya kira bisa membantu banyak orang. 

zana orangnya baik banget. awal kali jumpa, orangnya humble dan lembut ketika senyum merekah. Apalagi jika sudah terkembang senyumnya, garis wajahnya semanis madu dan menawan. 

Lembut sekali kata - kata yang keluar dari zana, berbicaranya seolah berbisik padahal jelas. suaranya merdu dan menentramkan. Kalau sudah berbicara, seolah angin yang menerpa wajah kita, nyess dengernya. 

Paras zana indah sangat bagai purnama yang terang benderang. seterang itu namun tak silaukan mata yang memandang. Dipandang meneduhkan, semakin dipadang semakin bergejolak kangennya, semakin dalam kenangannya, semakin harus hati yang merasakannya. 

Lembut saat kedua tangannya menyapa kulitku, halus kulitnya sebagaimana tutur katanya. Jika bersentuhan tangan kami,, seperti meraih sesuatu yang tidak mau dilepas apapun sebabnya. 

Zana seorang murah hatinya lagi dermawan. Pandai menengok orang yang membutuhkan, lalu dari tangannya akan memberi tidak seberapa namun amat berharga 

Kita ke sendi, 

Apa Saja Yang Membuat sendi Sakit?

Banyak variabel penyebab sendi sakit. Bukan hanya satu, tapi berbagai sebabnya. Dan kali ini kita akan mengupasnya sebagian. 

Ini Dia penyebab sendi sakit:

 

Radang Sendi

Pernah mengalami radang sendi? misal pernah sakit sendi hanya saja bingung apakah sakit yang dirasakan ialah sakit radang sendi atau bukan, kamu bisa simak penjelasan teman saya ini berikut. 

Radang sendi biasanya menyebabkan bengkak dan rasa panas sensasi. Rasanya campur aduk seperti senut - senut. Seperti darah tidak mengalir dan hanya berkutat disitu saja. 

Siapa saja bisa mengalami radang sendi Untuk Sendi

Untuk mengatasi sendi, tidak sekedar konsumsi obat saja. tapi konsumsi makanan yang baik untuk sendi juga bagian dari salah satu untuk mengatasi sendi. 

Misal dalam waktu lama kita konsumsi makanan yang baik untuk sendi, maka otomatis sendi kita juga akan sehat. Kalau sehat, aktivitas pun lancar tanpa kendala. Mau banyak kegiatan juga tetap mendukung. 

Jadi, Kalau sejak awal kamu berpikir bahwa apa yang kita makan tidak berpengaruh, pendapat kamu tentu tidak berdasar. nyatanya apa yang kita makan sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi suatu penyakit. 

Jika kita terlalu banyak konsumsi makanan tersebut, saat kita sakit sendi pun secara bertahap akan semakin baik dan baik. Makanan tersebut juga mengandung zat yang baik untuk membantu mengobati keluhan sendi kita. 

Nah, yuk ketahui apa saja makanan yang mendukung perbaikan untuk sendi. Semoga setelah kamu bisa membedakan jenis makanan apa saja yang baik untuk sendi, kamu dapat mulai mengkonsumsinya. 

Jangan sampai sudah tahu kalau makanan ini baik untuk sendi tapi justru malas untuk mengonsumsinya. Jika begitu, lalu apa tujuan tahu makananya itu baik untuk sendi?. Nanti jatuhnya sia - sia dan kondisi pun tidak akan berubah. kamu akan tetap seperti itu. 

Kamu akan tetap mengeluh kalau sendi sakit. apa - apa mengeluh dan mengaduh. Bahkan sampai kesakitan menahan sendi yang bermasalah tersebut akhirnya keluar air mata menahan sakit. 

 

Ini dia makanan yang baik untuk sendi:

Makanan berwarna

Makanan berwarna semisal jeruk, anggur, strowbery, blueberry dan macam - macam buah lainnya yang bagus untuk sendi. Konsumsi secara rutin salah satu dari banyak buah yang disarankan. 

enak sebenarnya.. konsumsi buah tapi dapat dalam saktu waktu mengobati dan mencegah sakit sendi. Enak seperti itu daripada harus minum obat banyak - banyak. Rasanya pahit, efek sampingnya ke ginjal juga mengkhawatirkan, dan lainnya

Banyak buah yang ditemui diatas mudah ditemui. Coba saja pergi ke pasar terdekat atau tempat jual buah pasti bisa ada banyak. Andai rumah kamu ada di lereng perbukitan, buah seperti strabery bisa kamu petik dan tanam disana dengan baik. 

Untuk jenis buah yang umum bisa juga ditanam di pekarangan rumah seperti beli buah dalam pot dan taruh di depan rumah. Umumnya, tanaman buah dalam pot berbuahnya bisa cepat karena metode penanamannya dengan cara di cangkok. 

 

Susu

Selanjutnya konsumsi yang bagus untuk sendi adalah susu. susu bagus untuk sendi dan tulang karena susu mengandung kalsium tinggi.

Terserah mau minum susu apa. baik susu kambing maupun susu sapi semua sama saja kayaa akan kalsium tinggi. tapi bagi anda yang tidak tahan laktosa bisa konsumsi susu kambing. 

susu kambing rendah laktosa sehingga mudah dicerna dan aman untuk diare. lebih - lebih anak kecil, susu kambing cocok untuk usia tersebut. 

susu kambing juga kandungannya hampir setara asi. saran saja untuk para ibu yang bayinya diberi susu sambung, sebaiknya diberi susu kambing saja daripada susu sapi. 

 

Vitamin D

Terutama untuk tulang, asupan vitamin D adalah kewajiban karena vitamin D sangat diperlukan tulang. Vitamin D memiliki fungsi untuk menguatkan tulang. 

 

Lalu dimana memperoleh vitamin D?

jangan khawatir dimana mencari vitamin D sebab nutrisi tersebut diperoleh dengan sangat gampang dan gratis. Yang penting jangan malas. 

Vitamin D diambil dari sinar matahari. murah bukan?!

Saat matahari mulai terbit naik sedikit duduklah di halaman rumah dari jam 7 - 8 pagi, lalu biarkan sinar matahari mengenaimu pada rentang jam tersebut. 

Cara terbaik memperoleh vitamin D berjemur setiap pagi. 

 

Itulah diantara tips untuk menangani keluhan sendi. sebelum mencari obat keluhan sendi seperti obat jari tangan kaku tidak bisa ditekuk serta obat untuk masalah sendi lainnya.


Posting Komentar untuk "sendi dan rasa kaku"